Product ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from sartono_icmi. Make your own badge here.

Massage


Free chat widget @ ShoutMix

Other things ...

<$BlogDateHeaderDate$>
BERMULA DARI PYTHA GORAS


S
umber Republika Senin, 14 April 2008 14:39:00

BERMULA DARI PYTHA GORAS

Peletak dasar pemikiran dan keahlian menyangkut angka-angka banyak sekali dipengaruhi oleh dasar-dasar pemikiran yang dibangun Pythagoras yang lahir di Pulao Samos pada abab ke-6 SM. Berkat dialah semangat matematika menjadi sebuah kekayaan primodial manusia.

Meski begitu, jauh sebelum kelahiran Pythagoras, pengaruh angka sudah meninggalkan jejaknya bagi peradaban.

Pembangunan piramida bangsa Aztek di Meksiko misalnya, jelas sekali dilandasi adanya suatu sistem hitungan angka yang sangat mumpuni. Begitu juga di Mesir kuno, terutama ketika bangsa itu hendak membangun piramida.

Jejak Pytahgoras kini masih terus dipakai yaitu dengan teori yang sudah menjadi aba di untuk melakukan pengukuran terhadap segitiga siku-siku: kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi pendeknya.

Rumus ini abadi hingga kini, bersama berbagai pemikiran Pythagoras lainnya baik di bidang spiritual, sastra, musik, dan lainnya. Peradaban Islam kemudian menyempurnakan peninggalan Phytagoras itu. Jejak pe - ninggalan sistem hitungan ini bisa dilihat pada bentuk arsitektur dan ornamen bangunan yang megah dan rumit. uba/dari berbagai sumber


0 Comments:

Post a Comment

<< Home