Product ...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from sartono_icmi. Make your own badge here.

Massage


Free chat widget @ ShoutMix

Other things ...

<$BlogDateHeaderDate$>
Kontribusi Timur untuk Kesenian
Sumber Republika Kamis, 03 April 2008 15:28:00

Kontribusi Timur untuk Kesenian

Sekalipun gemar melakukan ekspedisi penaklukan, Timur Lenk ternyata merupakan pencinta seni. Hingga kini, masih banyak karya arsitektur yang dibangun pada era kekuasaannya di Samarkand masih tetap berdiri. Timur memiliki kebiasaan untuk membawa seniman yang terkenal dan berbakat dari wilayah yang ditaklukkannya ke Samarkand.



Dalam soal seni, Timur memberi kebebasan bagi para seniman untuk berekspresi lewat karyanya. Menurut cerita, penulis kaligrafi istana Timur bernama Omar Aqta membuat tulisan kaligrafi Alquran dalam tulisan yang amat kecil melalui cincin cap. Pada masa itu, Aqta pun menuliskan Alquran raksasa dengan tinta emas.

Timur juga diceritakan telah menciptakan permainan Tamerlane Chess atau yang dikenal sebagai catur abad pertengahan. Catur ini dimainkan dalam papan yang lebih besar dengan tambahan beberapa bidak. Timur juga menyukai beladiri gulat Kurash. Setiap tentaranya harus menguasai beladiri gulat. Itu dilakukan Timur agar namanya tetap dikenang sepanjang masa.

imur bercampur menjadi satu. Anehnya, ketika dia berkuasa wilayah Asia Tengah yang tumbuh begitu pesat. Namun, dia justru menghancurkan wilayah lain yang dikuasainya seperti Baghdad, Damaskus, Delhi, Persia, Indian dan kota-kota di Turki. Itulah mengapa, sosoknya begitu kontroversial.

Nama Timur begitu harum di Asia Tengah. Namun, banyak masyarakat di Arab, Persia, dan India yang kurang menyukai sosoknya. Meski begitu, banyak orangtua di Asia barat yang menamakan anaknya dengan nama Timur. Literatur Persia menyebutnya, Teymour, Conqueror of the World ( Timur Penakluk Dunia).

Saat berkuasa, Timur juga ternyata telah melakukan komunikasi dengan negara-negara Barat. Salah satunya adalah dengan penguasa Prancis. Pada 30 Juli 1402 M, Timur berkirim surat kepada Charles VI, raja Prancis. Dia meminta raja Prancis untuk mengirimkan pedagangnya ke Timur. Surat yang masih tersimpan itu ditulis dalam bahasa Persia.

Pada Mei 1403, Timur kembali berkirim surat kepada Charles VI. Pada tahun yang sama, anaknya berkirim surat kepada Pangeran Christian bahwa mereka telah menaklukkan Bayezid di Smyrna. Charles VI juga sempat membalas surat dari Timur tertanggal 15 Juni 1403 M.

Sosok Timur menjadi figur yang populer di Eropa beberapa abad setelah kematiannya. Ia begitu terkenal karena dapat mengalahkan Kesultanan Usmani. Timur didapuk sebagai pahlawan oleh Pemerintah Uzbekistan. Tugu peringatannya berdiri di Taskent, di tempat itu patung Marx sempat berdiri. hri
( )

0 Comments:

Post a Comment

<< Home